BLOGGER INDONESIA YANG INSPIRATIF DAN KEREN UNTUK KAMU FOLLOW

Blogger Indonesia yang Inspiratif dan Keren untuk Kamu Follow
Blog menjadi wadah bagi orang-orang yang hobi menulis. Menuangkan segala ide, kreativitas, maupun pengalaman dalam sebuah tulisan. Aktivitas nge-blog saat ini tidak bisa dianggap remeh, karena sudah menjadi bisnis yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Di era serba digital sekarang ini, sudah jarang ditemui orang yang curhat di buku harian atau diary. Buku harian kini disulap ke dalam bentuk digital yang disebut blog. Blog merupakan situs milik pribadi seseorang yang berisi konten-konten personal, baik itu dalam bentuk artikel, foto, video, dan lainnya. Konten ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi banyak orang yang berkunjung ke blog tersebut. 

Salah satu penyedia layanan blog gratis paling pertama adalah blogger.com. Fasilitas yang pada awalnya diciptakan sebagai media menulis catatan harian ini dimanfaatkan untuk mendapatkan fulus. Penulis blog dikenal dengan sebutan blogger. Para blogger tersebut menyajikan konten-konten dengan ciri khas masing-masing. Ada yang fokus menulis segala hal tentang kuliner, kesehatan, gaya hidup, tempat wisata, bahkan yang ‘gado-gado’ atau campuran pun ada. 

1. Blogdokter.net
Blog yang satu ini adalah situs pribadi yang dibuat oleh seorang dokter bernama dr. I Made Cock Wirawan, S.Ked. Pria kelahiran Denpasar, 29 Juli 1979 itu  menempuh pendidikan kedokterannya di Universitas Udayana dan lulus pada tahun 2001. Selanjutnya Made bekerja di beberapa rumah sakit di beberapa provinsi, seperti Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Ayah dua orang anak ini pertama kali mengenal dunia blogging pada tahun 2004, di mana saat itu dua situs blog yang paling mudah diakses dan dibuat adalah wordpress.com dan blogspot.com.

Pada awalnya, Made hanya menulis blog karena hobi saja untuk menceritakan pengalaman serta kehidupannya sebagai dokter. Barulah pada tahun 2007, atas saran dari seorang teman, Pria berusia 39 tahun ini, mulai serius dengan hobinya tersebut. Saat ini, Blogdokter.net sudah memiliki lebih dari satu juta pengikut. Dalam blog ini, Anda dapat memberi pertanyaan dan membaca tips-tips, serta pembahasan seputar kedokteran yang tentunya sangat berguna.

2. Carolinaratri.com 
Carolinaratri.com adalah blog hasil karya seorang penulis lepas. Namanya Carolina Ratri atau akrab disapa Carra. Ia tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di wilayah Wirogunan, Mergangsan. Awal mulanya, Carra yang gemar menulis berbagai cerita fiksi bergabung dalam sebuah komunitas penulis fiksi, Monday Flash Fiction.

Berangkat dari komunitas tersebut, Carra sukses menerbitkan sebuah antologi dari cerita-cerita pendeknya dengan kerjas ama dari Stiletto Book. Blog dari Carra ini berisi aneka macam topik. Mulai dari panduan serta saran untuk mendapatkan uang dari blogging, tips jadi seorang blogger sukses, hingga berbagai artikel berita seputar dunia blogging dan penulisan yang di review sendiri.

3. Iwanbanaran.com 
Bagi Anda pecinta otomotif khususnya MotoGP, maka blog Iwanbanaran.com perlu Anda kunjungi. Iwan, sang penulis blog ini kerap kali muncul dalam acara balap MotoGP di televisi lokal sebagai seorang komentator. Iwan membuat blog ini karena rasa cintanya kepada dunia otomotif khususnya roda dua, serta berbagai hal seputar kuda besi tersebut. Nama dari blog Iwan diambil dari nama desa tempat ia dilahirkan, desa Banaran. Desa yang terletak di wilayah Tulungagung, Jawa Timur.

Dalam blog Iwanbanaran.com ini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi seputar dunia otomotif terutama motor. Ada review macam-macam jenis kendaraan roda dua, artikel seputar dunia olahraga racing roda dua, tips dan contoh modifikasi, galeri berisi penampakan berbagai jenis motor, sampai gosip-gosip di dunia otomotif.

4. Shitlicious.com
Blog Shitlicious.com merupakan salah satu blog cukup populer di kalangan anak muda. Penulisnya Alitt Susanto, seorang pria kelahiran Sragen, 1 Oktober 1987 dan menggambarkan dirinya sebagai seorang mahasiswa abadi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Ia pun sudah cukup terkenal, baik lewat blog maupun media sosialnya. Berdomisili di Yogyakarta, ia menuliskan cerita hidup, pengalaman, serta keluh kesah mahasiswa yang tak kunjung lulus. Cerita yang dituangkan dalam tulisan ini dibungkus dengan gaya komedi sehingga menarik perhatian banyak orang, khususnya kids zaman now.

5. Emakgaoel.com 
Blog ini merupakan karya seorang perempuan yang memposisikan dirinya sebagai seorang emak-emak. Namun tidak seperti kebanyakan stigma emak-emak, Winda Krisnadefa menciptakan branding versi emak-emak gaul. Dengan bakat dan kreativitasnya, blog emakgaoel.com menyajikan bacaan yang menunjukkan interaksinya dengan buah hatinya. Adapula berbagai tips, mulai dari tips memasak hingga tips nge-blog. Meski hanya seorang ibu rumah tangga, Winda ternyata sudah menerbitkan tiga buku karangannya sendiri.

6. Thefoodexplorer.com
Melihat dari namanya saja Anda pasti sudah tahu apa yang menjadi ciri khas dari blog ini. Ya, makanan atau kuliner. Blog yang diciptakan Putra Agung ini berawal dari kecintaannya terhadap makanan, fotografi, dan traveling. Meski namanya Thefoodexplorer, namun blog ini tidak hanya mengulas seputar makanan saja, dibahas juga tentang kehidupan sehari-hari, review hotel, fotografi, dan rekomendasi hotel untuk para pembaca yang ingin liburan. Putra Agung juga sudah sering kali menjadi pembicara dalam berbagai seminar untuk sharing blognya.

7. Sugeng.id 
Blog Sugeng.id sudah cukup terkenal dan sangat membantu para blogger pemula. Pemilik blog ini adalah Sugeng Riyadi yang akrab disapa Mas Sugeng. Awalnya pemuda ini hanya nge-blog dari ponsel saja karena keterbatasan biaya, tapi lama-lama berkembang. Sugeng.id berisi tulisan-tulisan mengenai tips dan trik menjadi seorang blogger, serta menghasilkan uang dari nge-blog. Ia juga menyediakan beberapa template blog yang dapat digunakan para blogger pemula. Saat ini, Mas Sugeng mengelola blog lain yang tidak ingin ia sebutkan namanya demi menjaga privasi.

8. Panduanim.com
Darmawan adalah pencipta blog Panduanim.com. Seorang praktisi digital yang memahami seluk beluk dunia internet marketing atau digital marketing. Huruf IM dalam blog PanduanIM merujuk kepada internet marketing. Sesuai dengan nama blognya, Darmawan menyediakan beragam trik dan tips untuk melakukan pemasaran secara digital lewat internet. Pembahasannya selalu uptodate dan kekinian. Selain itu, ia juga memaparkan bagaimana membuat blog atau konten-konten sehingga memudahkan dalam pencarian menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

9. Benablog.com
Blog yang dibuat dari si pendirinya Benazio Rizki Putra atau yang lebih dikenal sebagai Bena Kribo. Selain menjadi blogger, ia juga seorang penulis yang sudah menerbitkan buku, memiliki kanal Youtube, dan sebuah komunitas di platform Instagram. Benablog mengupas berbagai macam konten, mulai dari cerita keseharian si penulis dengan suguhan foto-fotonya. Agak mirip seperti buku harian pada umumnya yang merupakan jurnal kehidupan, namun dikemas secara unik.

10. Radityadika.com
Bicara soal blogger inspiratif dan sukses dikenal masyarakat, nama Raditya Dika patut diperhitungkan. Lewat blognya Radityadika.com, stand up comedian ini menuliskan cerita mengenai kehidupan sehari-harinya yang dikemas dengan gaya bahasa kocak, sehingga membuat pengunjung dan pembaca blognya tertarik. Kumpulan cerita tersebut diangkat ke sebuah buku yang laris manis di pasar, dan membawanya sukses seperti sekarang ini.

Penulis memiliki nama lengkap Raditya Dika Angkasa Putra Moerwani. Suami dari artis cantik Annisa Aziza ini lahir 28 Desember 1984 dan merupakan jebolan Universitas Indonesia dan salah satu perguruan tinggi di Australia. Selain komedian, blogger, youtuber, dan aktor, Raditya Dika juga merupakan seorang pembuat film yang karyanya laku keras. Baca Juga : Tips-kerja-dari-rumah-agar-lebih-efektif

Maksimalkan Blog untuk Bisnis
Zaman sekarang, Anda harus pandai membaca peluang dan kesempatan, yakni memaksimalkan blog untuk bisnis Anda. Isi blog dengan ulasan barang atau jasa yang Anda jual, promosikan sebaik mungkin, terbuka dengan kritik dan saran atas produk jualan Anda. Paling penting adalah rajin mengisi konten-konten kreatif yang dapat menggaet lebih banyak pembaca atau pengunjung. Jika cara ini dilakukan secara konsisten, maka blog dan bisnis Anda mampu berkembang secara bersamaan sehingga menghasilkan keuntungan besar.


Related Posts

Komentar

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?..
Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY WARUNG ONLINE MANTAP ||| 🔔warungonlinemantap@gmail.com

🔛LINK IKLAN TERKAIT ARTIKEL

FOLLOWERS