KENALI APA ITU SCAM ?

Melakukan berbagai macam aktivitas secara online sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang mana aktivitas belajar, bekerja, belanja, hingga perbankan dilakukan secara digital. Era digital yang kian berkembang membuat informasi lebih mudah didapatkan khususnya di internet. Pengguna pun harus berhati-hati saat mengakses situs di internet, pastikan bahwa situs yang dikunjungi aman dan terpercaya.

Sayangnya, kejahatan siber pun semakin banyak dan menjadi ancaman bagi pengguna internet. Salah satu ancaman siber yang kerap ditemui jenis scam yang termasuk dalam kejahatan penipuan. Untuk dapat menghindarinya, perhatikan tips dan cara kerja pelaku berikut ini.

Apa itu scam?

Apa itu scam? Scam adalah bentuk penipuan yang harus dihindari. (Sumber: Pexels)

Lalu, apa itu scam? Scam adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan skema penipuan bisnis untuk mengambil uang atau barang lainnya dari korban, seperti yang dilansir dari computerhope.com. Semakin berkembangnya teknologi internet, kejahatan scam pun meningkat. Nah, sebagai pengguna, kamu harus lebih waspada terhadap penipuan tersebut.

Pelaku dari kejahatan scam biasanya menggunakan website palsu untuk mencuri informasi pribadi dan menyalahgunakannya untuk mendapatkan keuntungan finansial. Banyaknya pengguna media sosial yang lengah, memberikan scammer celah untuk untuk melancarkan aksinya. Scammer (sebutan untuk pelaku scam) bisa bekerja secara individual maupun kelompok dan kejahatan ini juga tersebar di seluruh dunia. Beberapa bagian dari kejahatan scam yaitu, phising, penipuan donasi, catfish, penipuan berhadiah, dan lainnya.

Cara kerja pelaku pencuri data

Selain mengetahui apa itu scam, pahami cara kerjanya yang kerap terjadi. (Sumber: Pexels)

Scammer akan melakukan berbagai cara untuk menjalankan aksinya. Pelaku scam biasanya akan mencuri data atau informasi pribadi korbannya melalui internet. Cara kerja scammer sendiri terbilang cukup cepat, saldo e-commerce hilang dan saldo rekening atau kartu kredit tersedot bisa terjadi dalam hitungan menit. Untuk dapat menghindarinya, kamu perlu mengetahui cara kerja pelaku penipuan tersebut. Berikut ini beberapa cara yang biasanya dilakukan oleh scammer: 

Scammer akan bekerja untuk mendapatkan username dan password kamu. Korban yang lengah bisa saja memberikannya tanpa sengaja.

Scammer mengirimkan tautan email berupa website tiruan yang mirip, sehingga korban terkecoh dan login ke situs tersebut.

Tanpa disadari kamu akan login dengan username dan password.

Dengan mudah scammer akan mendapatkan data pribadi kamu. Data tersebut akan disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan. Baca Juga : Tujuh-tips-menghindari-scam



Related Posts

Komentar

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?..
Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY WARUNG ONLINE MANTAP ||| 🔔warungonlinemantap@gmail.com

🔛LINK IKLAN TERKAIT ARTIKEL

FOLLOWERS