PANDUAN LENGKAP ATAU KONSEP DASAR BISNIS ONLINE

Warung Online Mantap.com- Panduan Lengkap Atau Konsep Dasar Memulai Bisnis Online Hingga Sukses bagi Pemula.

Memulai bisnis online dapat diibaratkan seperti belajar mengendarai sepeda. Pada awalnya mungkin Anda akan kesulitan, atau bahkan terjatuh. Tapi sebaiknya Anda tidak perlu khawatir dan jangan takut untuk mencoba lagi. Sebab, meraih kesuksesan memang tidak pernah semudah membalikkan telapak tangan. Anda hanya perlu untuk mempelajarinya.

Beruntungnya, Anda hidup di era digital seperti saat ini karena semakin mudah untuk Anda mulai belajar bisnis online. Selayaknya belajar mengendarai sepeda, tentu Anda memerlukan bantuan terlebih dahulu. Bantuan ini bisa berupa bimbingan dari senior, ataupun panduan dari buku dan artikel di internet. Untuk menemukannya pun tidak lagi sulit berkat kemajuan teknologi.

Saat ini, Anda dapat belajar bisnis online dari berbagai sumber. Banyak artikel online yang membahas mengenai tips dan trik yang bisa diikuti untuk dapat mengelola bisnis online yang sukses. Bahkan mungkin tips yang ada di internet terlalu banyak sehingga membuat Anda bingung.

Namun kini, Anda tidak perlu bingung lagi karena berikut ini panduan terlengkap dari Website WARONMAN (Warung Online Mantap) untuk belajar bisnis online bagi pemula yang disajikan sesederhana mungkin.

Sahabat pembaca terbaik dijagat raya alam semesta ini, mari kita lihat Panduan dan Konsep Dasar Bisnis Online. Dan pada sebuah artikel kali ini saya akan memberikan gambaran singkat konsep dasar Bisnis Online. Bisnis Online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara Online (melalui internet). Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis Online.

Lalu bagaimana Konsep Dasar Berbisnis Online?? Secara umum Prinsip dasarnya sama dengan anda melakukan bisnis offline.

1. Kenali mekanisme bisnis secara online.

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum terjun ke bisnis online, maka Anda sebaiknya belajar seluk beluk dari bisnis online terlebih dahulu. Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah definisi dari bisnis online itu sendiri. Pada dasarnya bisnis online dapat didefinisikan sebagai aktivitas perdagangan, baik barang maupun jasa, yang dilakukan dengan menggunakan internet sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Dari definisi tersebut dapat ditarik beberapa unsur utama yaitu perdagangan, barang atau jasa, dan internet.

Saat ini, melakukan perdagangan barang atau jasa melalui internet pun semakin mudah. Apabila dahulu para pedagang harus membuat sendiri situs webnya masing-masing, maka kini hal itu menjadi opsional. Akan sangat baik apabila dilakukan, namun tidak menjadi masalah jika tidak. Banyaknya platform yang kini bisa digunakan secara gratis untuk memasarkan produk, membuat siapa saja bisa menjadi pebisnis online. Semua orang pun memiliki kesempatan yang sama untuk melakukannya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memulainya dari sekarang.

Dalam memulai bisnis online, ada hal yang perlu Anda perhatikan yaitu bentuk toko online Anda. Apakah Anda akan mendirikan website khusus untuk menjual suatu produk, atau Anda hanya menggunakan berbagai platform marketplace yang tersedia gratis, mengingat kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi Anda yang telah mempersiapkan modal yang cukup, mungkin Anda bisa mendirikan website khusus. Namun apabila Anda baru memulai dengan modal yang terbatas, maka platform marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak bisa menjadi pilihan utama.

2. Formula menjalankan bisnis online untuk mendapatkan profit ialah : Trafik + Konversi = Profit.

1.2.  Konversi*

Konversi merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang di situs web Anda sebagai hasil dari upaya pemasaran yang sebelumnya telah Anda lakukan. Tindakan tersebut dapat berupa seperti berkunjung, mendaftar, menambahkan item ke keranjang belanja, atau melihat halaman tertentu.

Untuk Konversi ini, setidaknya ada 3 (tiga) hal yang Anda harus siapkan yakni :

a. Produk√

Seperti halnya pada bisnis offline, dalam membangun bisnis Online Anda harus memiliki Produk yang akan dipasarkan/dijual. Produk ini bisa merupakan produk Anda sendiri atau produk perusahaan/orang lain yang anda pasarkan.

Jenis Produk yang dapat dijual dapat berupa produk phisik dan produk Digital (seperti : ebook, video tutorial, software dan lain-lain)

b. Website / Toko Online√

Seperti halnya pada bisnis offline untuk menjual produk, Anda memerlukan tempat penjualan berupa Toko atau sejenisnya. Demikian halnya pada bisnis Online, Anda harus memiliki Website atau Toko Online sebagai sarana tempat penjualan produk Anda. Website atau Toko Online ini merupakan asset Anda dalam menjalankan bisnis Online.

c. Sales Marketing√

Untuk mendukung Bisnis Online Anda, maka Anda harus menyiapkan Sales Marketing Anda yang tujuannya untuk menjelaskan, mempromosikan dan menjual produk Anda. Sales Marketing ini berupa Website Marketing yang dapat Anda berikan konten dalam bentuk Teks, Gambar atau Video.

Website itu ibarat mesin penjual Anda, lapak atau TOKO ANDA dan juga sebagai SALES MAN atau SPG (Sales Promotion Girls) Anda. Website yang bagus, sama dengan WANITA CANTIK yang sedang mempromosikan pameran mobil. Makin cantik, makin banyak yang tertarik kan???

Jadi sangat penting untuk merancang Website Bisnis anda sebagus mungkin.

2.2.  Trafik*

Trafik adalah jumlah orang yang akan datang mengunjungi situs web Anda setiap harinya. Untuk meningkat trafik maka Anda harus mencari tempat yang ramai pada media Digital Internet Marketing. Saat ini tempat yang ramai adalah di Sosial Media, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Maka untuk meningkatkan trafik, anda harus melakukan promosi pada media Digital Internet Marketing.

3. Persiapkan mental.

Selain mempersiapkan aspek teknis, Anda juga harus mempersiapkan aspek psikis, mengingat Anda lah yang menentukan kesuksesan atau kegagalan toko. Maka dari itu, Anda sebaiknya memiliki berbagai kualitas yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis online hingga sukses.

Kualitas pertama adalah adanya keinginan untuk belajar dan berkembang. Sebelum menjalankan bisnis, tentu saja membutuhkan pengetahuan terlebih dahulu. Tidak ada satupun pebisnis sukses di dunia ini yang terjun ke pasar tanpa mengetahui medan. Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis online, maka sudah jelas bahwa Anda pun harus belajar bisnis online terlebih dahulu.

Kualitas kedua adalah tidak mudah putus asa. Menjalankan sebuah bisnis, baik itu bisnis online maupun bisnis offline, tentu memiliki tantangannya masing-masing. Bukan tidak mungkin bisnis yang Anda bangun akan dilanda kekeringan cash flow karena minimnya minat pembeli. Bukan tidak mungkin bisnis Anda akan terganggu karena supplier produk Anda tiba-tiba tutup. Tantangan lainnya yang muncul adalah kompetitor baru yang menawarkan produk yang lebih baik atau lebih murah. Ketiganya hanyalah sebagian contoh dari hal-hal yang biasa terjadi saat menjalankan sebuah bisnis.

Kualitas ketiga yang harus Anda miliki adalah berani mengambil risiko. Tidak ada satu pun pebisnis sukses yang lari dari risiko. Memang ada bidang bisnis yang minim risiko. Namun keuntungan yang didapatkan pun juga minim. Contohnya seperti reksadana di pasar uang. Pasar uang yang relatif stabil membuatnya minim risiko. Namun, keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun tidak akan pernah bisa melebihi dari pasar saham yang tinggi risiko. Jadi secara sederhana dapat disimpulkan bahwa risiko berbanding lurus dengan keuntungan.

4. Kenali kebutuhan pasar.

Sebelum terjun ke dunia bisnis online, Anda juga perlu melakukan riset pasar. Lakukan riset mendalam bagaimana suatu pasar bekerja dan cari tahu kebutuhan pasar yang masih belum terjawab oleh pelaku pasar lainnya. Tidak perlu khawatir karena tersedia beberapa cara untuk dapat mengetahui kebutuhan pasar.

Cara pertama untuk mengetahui kebutuhan pasar adalah dengan bertanya langsung kepada konsumen. Cara ini memang terkesan sederhana namun percayalah bahwa ini merupakan cara yang paling mudah. Dengan bertanya langsung ke konsumen Anda dapat mengetahui masalah apa yang bisa Anda selesaikan dengan produk Anda.

Cara kedua adalah dengan aktif membaca berita. Saat ini sudah banyak news outlet yang memiliki kolom ekonomi dan bisnis. Dari kolom ini, Anda dapat melihat hasil liputan mendalam oleh para jurnalis soal tren pasar yang berkembang. Apabila memang ada kebutuhan yang belum terpenuhi, maka segera ambil kesempatan tersebut.

Cara ketiga dalam mencari kebutuhan itu adalah dengan menjadi pelanggan dari toko lain. Dengan berbelanja di toko lain Anda dapat mempelajari bagaimana pelayanannya dan bagaimana produknya. Apabila menurut Anda ada hal yang masih ada yang bisa ditingkatkan, di sana lah Anda harus berpikir lebih kreatif.

Saat ini, banyak pebisnis sukses yang bukan pencipta asli dari suatu produk, tetapi mampu menyajikan produk tersebut dengan lebih baik. Tengok saja Apple dan Samsung. Keduanya bukan lah pencipta smartphone, tapi keduanya mampu membuat smartphone yang jauh lebih baik dari produsen lainnya.

5. Tentukan jenis produk yang ingin dijual.

Setelah selesai menganalisa kebutuhan pasar, maka sudah saatnya Anda memikirkan produk apa yang akan Anda luncurkan ke pasaran. Setelah menemukan celah di dalam pasar, sebaiknya produk Anda adalah yang mampu menutup celah tersebut. Apabila ada kekurangan yang selama ini tidak tercukupi oleh produk lain, maka produk Anda harus mampu menutup kekurangan tersebut. Dengan demikian produk Anda dapat lebih cepat dikenal, sekaligus menjadi penting bagi konsumen.

Produk yang Anda jual juga harus disesuaikan dengan pasar apa yang ingin Anda geluti. Jadi, produk yang Anda tawarkan bisa berupa barang maupun jasa. Apapun produk yang ingin Anda pasarkan, ingat bahwa produk Anda harus berupa solusi yang mampu memudahkan hidup konsumen.

Dalam menentukan produk, Anda juga harus menyesuaikannya dengan target pasar Anda. Maka dari itu penting sekali untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu guna menemukan di segmen mana Anda ingin bermain. Apabila Anda ingin bermain di segmen menengah ke atas maka produk yang Anda tawarkan pun harus yang memiliki harga dan kualitas yang menengah ke atas pula.

6. Buat nama brand serta toko online yang mudah diingat.

Setelah selesai menentukan produk apa yang ingin Anda tawarkan ke pasaran, saatnya untuk mendirikan toko online. Mendirikan toko online adalah langkah yang vital dalam tahapan bisnis online. Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, Anda bisa mendirikan website khusus untuk menjual produk Anda, atau hanya memanfaatkan platform saja. Apabila Anda ingin menjual produk melalui website khusus, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama, pertimbangkan dengan matang nama brand Anda. Nama brand Anda adalah identitas dari bisnis online Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda pikirkan dengan matang soal nama yang akan Anda pilih. Mengingat rebranding di tengah jalan tidaklah mudah dan murah.

Adapun dalam pemilihan nama, sebaiknya Anda pilih nama yang unik namun tidak terlalu sulit untuk ditulis dan diucapkan. Tidak perlu juga menggunakan kata-kata yang tidak umum. Sebab, apabila nama yang Anda pilih terlalu sulit untuk disebut dan ditulis, bagaimana mungkin orang lain dapat mengingatnya. Apabila tidak ada yang bisa mengingatnya maka tidak akan ada pula yang mampu mencari website toko Anda.

Kedua, bagaimana Anda akan mendirikan website Anda. Sejauh ini ada dua cara untuk mendirikan sebuah website, yaitu gratis dan berbayar. Website gratis artinya Anda menggunakan website blogging semacam Wordpress, Blogspot, atau Tumblr. Website gratis ini pada umumnya tidak bisa menampilkan hal-hal sebanyak dan seluwes website berbayar. Ada batasan-batasan tertentu yang hanya bisa hilang apabila Anda membayar sejumlah uang kepada penyedia layanan website gratis tersebut. Baca Juga : Manfaat-menggunakan-media-sosial-online

Semoga bermanfaat buat Sahabat Terbaik dan sukses membangun bisnis Online anda.



Related Posts

Komentar

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?..
Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY WARUNG ONLINE MANTAP ||| 🔔warungonlinemantap@gmail.com

🔛LINK IKLAN TERKAIT ARTIKEL

FOLLOWERS