PLATFORM E-COMMERCE : TOKOPEDIA GENJOT JUMLAH DISTRIBUTOR RESMI

Tokopedia berusaha terus meningkatkan jumlah distributor resmi yang bergabung menggunakan fitur official store di platform e-commerce tersebut.

Tokopedia berusaha terus meningkatkan jumlah distributor resmi yang bergabung menggunakan fitur official store di platform e-commerce tersebut.

Peningkatan jumlah official store diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan berbelanja di platform Tokopedia.

Category Lead for Electronics Tokopedia, Hartawan Lesmana mengatakan layanan official store yang kini tersedia pada marketplace tersebut dinilai akan menjadi rumah baru bagi brand lokal maupun internasional. Menurut Hartawan, sejak dibangun tahun lalu sampai saat ini, sudah ada sebanyak 140 brand lokal dan global yang berjualan melalui official store Tokopedia.

"Target kami tahun ini semoga bisa sebanyak-banyaknya untuk brand di official store ini‎. Kami tidak membatasi brand lokal saja yang menggunakan official store, tetapi juga dari brand global," tuturnya di Jakarta, Selasa (22/7).

Dia menjelaskan perbedaan jika konsumen membeli produk pada layanan official store dibandingkan melalui merchant adalah keamanan yang lebih terjamin. Pasalnya pada saat pelanggan berbelanja melalui official store tersebut akan langsung ditangani oleh distributor resmi dan penggantian barang lebih cepat.

"Kan suka ada tuh merchant yang mengirimkan barang tidak sesuai sama pesanan pelanggannya. Nah, kalau melalui official store ini pelanggan jadi lebih aman dari sisi pembayaran, barang juga sesuai. Selain itu juga lebih nyaman," katanya.

Tokopedia mengaku untuk menggaet brand yang menggunakan layanan official store tersebut, biasanya dilakukan secara dua arah. Pertama yaitu Tokopedia yang mencari brand dan kedua brand tersebut yang mencari dan menggunakan layanan tersebut di Tokopedia.

"Biasanya memang kami yang mencari brand atau brand yang mencari kami. Jadi polanya selalu dua arah. Kami tidak punya kategori brand khusus untuk masuk ke official store ini," ujarnya.

Menurutnya, sampai saat ini tidak hanya brand global yang ada di layanan official store Tokopedia tersebut. Tetapi marketplace yang mendapatkan suntikan dana dari Alibaba tersebut juga sudah mengakomodir seluruh UKM lokal.

Sampai saat ini, UKM yang sudah ‎bergabung untuk berjualan di Tokopedia diklaim lebih dari 2 juta UKM dengan produk lebih dari 60 juta jenis dan produk yang terjual mencapai 30 juta produk setiap bulan.

"‎Ini salah satu komitmen kami untuk terus mendorong pelaku UKM agar bisa bersaing di pasar yang lebih luas," tuturnya.

Sebagian besar, produk yang paling banyak dicari pada marketplace itu di antaranya adalah produk fashion, elektronik dan aksesoris untuk gadget. Dari sisi traffic kunjungan, Tokopedia juga menjelaskan ‎sudah lebih dari 150 juta kunjungan setiap bulan.

"Kalau untuk produk yang paling laris masih itu,‎ pelanggan kami yang paling dominan amsih di Pulau Jawa dan Sumatera," katanya.

Berkaitan dengan itu, Tokopedia juga menggandeng brand internasional Soul Electronics yaitu produk audio berkualitas tinggi dari Amerika Serikat‎ untuk menggunakan layanan official store. Baca Juga : Cara-untuk-bisnis-online
Head of Sales GadgetCiti distributor resmi Soul, Juliana Valentia mengaku senang bekerja sama dengan Tokopedia untuk menjual produk audio asal negeri paman sam tersebut. Dia optimistis produk tersebut akan diterima oleh pasar Indonesia yang semakin menggiurkan.

"Official Store Soul sebenarnya sudah ada sejak 14 Agustus 2017 di Tokopedia. Meskipun belum grand launching ya. Animo pengguna layanan Tokopedia ini sangat tinggi, kami optimis produk ini akan laris manis terjual di pasar Indonesia," ujarnya. Sumber : Bisnis.com


Related Posts

Komentar

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?..
Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY WARUNG ONLINE MANTAP ||| 🔔warungonlinemantap@gmail.com

🔛LINK IKLAN TERKAIT ARTIKEL

FOLLOWERS